Marketing 3.0

Jan 18, 2012 by

Segala perubahan yang terjadi dalam berbagai bidang menuntut sebuah pemikiran ulang terhadap marketing. Konsep tentang marketing dapat dilihat sebagai konsep penyeimbangan terhadap makro ekonomi. Kapan pun lingkungan makro ekonomi berubah, begitu pula perilaku konsumen, sehingga terjadi pula perubahan terhadap marketing. Selama 60 tahun terakhir, marketing telah berpindah dari product-centric (marketing 1.0) menjadi consumer centric (marketing 2.0), lalu kini menjadi fokus terhadap isu-isu kehidupan manusia atau pelanggan (marketing 3.0). Marketing 3.0 melakukan pendekatan holistik terhadap pelanggan, yaitu dengan melihat pelanggan sebagai manusia yang multidimensi, values-driven, dan sebagai mitra kolaborasi. Dalam buku ini dijelaskan bagaimana perusahaan dapat memasarkan visi, misi, dan nilai-nilai kepada setiap stakeholders. Dalam buku ini juga dirangkum 10 ide kunci Marketing 3.0 dengan contoh-contoh perusahaan yang menerapkan konsep ini dalam model bisnisnya.

Judul: Marketing 3.0

Penulis: Philip Kotler

Penerbit: Erlangga

Tebal: (192) hal.

Cetakan: I, 2010

Related Posts

Share This

Leave a Comment